Dimana tempat penjualan bibit gaharu super termurah di Indonesia?

Dalam beberapa tahun ini bibit gaharu menjadi primadona usaha dibidang budidaya tanaman hutan rakyat di Indonesia, terutama jenis  gaharu super yang terus diburu oleh para pecinta budidaya tanaman dan para pengusaha di dunia agrobisnis.Peningkatan permintaan terus meningkat.Tercata penanam pohon gaharu di Indonesia mencapai 45juta tanaman dalam kurun waktu 5 tahun sejak tahun 2000.

Harga gaharu termahal didunia memang berasal dari Indonesia terutama gaharu alam dari merauke papua.Karena gaharu papua memiliki jenis yang sangat bagus dengan bau harum yang sangat halus sehingga banyak dicari pembeli.Rata-rata pembeli gaharu Indonesia berasal dari luar negeri seperti Saudi Arabia, uni emirat dan quwait.

Dengan fakta-fakta dilapangan yang sangat mengiurkan membuat para pengusaha dan petani gaharu Indonesia untuk membudidayakan bibit gaharu.Coba saja sudah terbukti global gaharu papua yang hitam wangi dan tenggelam bisa mencapai harga dipasaran internasional Rp.100 sampai 135juta dalam satu kiligram.Gila ini benar benar gila.Siapa yang tidak mau memiliki duit segede itu hanya menanam pohon.

Ya..itu fakta gaharu alam yang sudah berumur puluhan tahun bahlan mungkin ratusan tahun, entahlah tidak ada yang tahu.Gaharu super mahal tersebut juga mengalami proses pembentukan global secara alami tanpa campur tangan tehnologi dan manusia.Semua berjalan dengan apa adanya karena situasi lingkungan.
Bagi anda yang ingin membudidayakan gaharu,tentunya harus betul-betul memahami bibit gaharu seperti apa yang harus anda pilih sebagi bibit kuwalitas super,agar budidaya yang anda lakukan benar-benar bisa menghasilkan sesuai kenyataan yang pernah ada dilapangan.Dibawah ini saya sampaikan cara bagaimana memilih bibit gaharu yang baik untuk budidaya.

Tip memilih bibit gaharu berkuwalitas super untuk budidaya yang menguntungkan

1.Pilih bibit dengan jenis aquilaria malacensis
Sepanjang sejarah gaharu yang memiliki harga tinggi dipasaran adalah jenis aquilaria malacensis.Karena bibit jenis ini meiliki kandungan resin yang lebih tinggi disbanding dengan gaharu jenis lainnya.Selain itu bibit gaharu aquilaria malacensis memiliki warna yang terang atau jernih meski global berwarna hitam.Namunkehitamannya tetap jernih tidak seperti arang atau kayu terbakar.
Glibal gaharu malacensis memberikan oroma wangi yang natural tidak kasar seperti minyak gaharu lainnya yang cenderung lebih kasar seperti minyak wangi murahan.

2.Tinggi bibit minimal 50cm lebih
Dengan bibit yang tinggi alan mengurangi resiko kemaitian saat musim panas ataupun musim kemarau.Karena dengan akar yang kuat maka tingkat penyerapan juga akan lebih luas.Seandainya di bawah pohon kekurangan air makan akar serabut yang panjang dan kuat akan menghisap air dengan jangkauan yang lebih leber.

3.Bibit berwarna hijau muda

Dalam memilih bibit gaharu bukan seperti memilih bibit buah.Sebenarnya memilih bibit gaharu lebih dipetingkan kekuatan akar dan besarnya batang.Dengan akar yang bagus dan batang yang gemuk akan membuat pohon gaharu lebih tanahan hama .Selain itu jika batang cepat besar makan proses inokulasi akan lebih cepat bisa dilakukan.
Jangan sampai terkecoh dengan bibit gaharu yang berwarna terlalu hijau.Biasanya bibit gaharu yang terlalu hijau akan mudah stress saat kita pindahkan kedalam lahan baru.Sedangkan bibit gaharu sangat kesulita dalam hal adaptasi tidak seperti tanama lain.

4.Bebas dari hama
Bebas dari hama ini sangat penting dilakukan pengecekan saat anda membeli bibit gaharu karena biasanya hama dalam pohon gaharu sangat sulit untuk dibasmi.Apalagi bagi anda petani gaharu emula yang belum pernah melakukan budidaya gaharu sebelumnya.
Tapi jangan cemas,jika terlanjur ada hama putih seperti kutu putih segera semprot dengan alike ,tersedia di  POM BENSIN..eh salah ya ditoko pertanian terdekat.Bila sakit berlanjut bisa hubungi dokter ya..

Lokasi  penjual bibit gaharu aquilaria malacensis di Indonesia.

Untuk mendapatkan bibit gaharu anda bisa langsung cek di internet ketik kata kunci jual bibit maka anda akan menemukan penjual bibit gaharu seperti :
-Bibit gaharu Sumatra
- Bibit gaharu Kalimantan
- Bibit gaharu Jawa
- Bibit gaharu papua
Anda juga bisa lihat www.pohongaharu.com sebagi penjualbibit gaharu nomer satu di google Indonesia yang sudah melayani konsemen seluruh negeri.Semata sampai disini dulu jika ada hal yang kurang memuaskan bisa puaskan dengan kekasih anda.terimakasih






Tidak ada komentar: