Rahasia budidaya Kelengkeng ungulan indonesia



Rahasia budidaya kelengkeng untuk meningkatkan penghasilan sampingan di rumah dan kebun anda.Apa yang harus kita lakukan?





Perbedaan kelengkeng Pingpong dan Diamond River, Kelengkeng Pingpong merupakan jenis kelengkeng yang memiliki ukuran yang cukup besar sehingga dipersamakan dengan bola pingpong, Daging sedang, biji besar, rasanya manis, buah tidak se-lebat Kelengkeng Diamond River. Kelengkeng Diamond River memiliki ukuran yang lebih kecil dari Kelengkeng Pingpong, Daging tebal, biji kecil, rasanya manis, buahnya lebih lebat dari kelengkeng Pingpong.

Kelengkeng varietas Pingpong dan Diamond River ini menurut beberapa literatur, dapat ditanam pada iklim basah, agak basah dan sedang, dengan curah hujan antara 1500 mm-3000 mm per tahun. Selain lengkeng Pingpong dan Diamond River, terdapat pula lengkeng varietas lainnya yang dapat beradaptasi pada iklim dataran rendah, yaitu: lengkeng Itoh atau Edaw. Jenis ini lebih dikenal dengan sebutan lengkeng Bangkok Super.Buah kelengkeng pingpong punya ukuran istimewa yaitu sebesar bola pingpong. Kelengkeng varietas pingpong berasal dari Vietnam didaerah sekitar delta sungai Mekong dan Vietnam bagian tenggara dikenal dengan nama Xuongcomvang. Seperti saudaranya kelengkeng jenis Diamond river, Kelengkeng pingpong ini merupakan tanaman asli daerah tropis. Hal inilah yang membedakan dengan Itoh (E-daw) yang merupakan tanaman subtropis.

Kelengkeng pingpong memilikiki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan kelengkeng lain sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan. Selain bisa tumbuh di dataran rendah kelengkeng pingpong memiliki ukuran buah yang besar sebesar bola pingpong. Dari sisi usia kelengkeng pingpong dapat berbuah dengan cepat yaitu pada usia 1.5 tahun sudah bisa mulai berbuah. Bila buah-buahan lain rata-rata berbuah satu tahun sekali, kelengkeng pingpong dapat berbuah lebih dari satu kali dalam satu tahun.Boleh dikatakan Kelengkeng Pingpong berbuah dengan tidak mengenal musim karena buah bisa tumbuh dari ranting-ranting secara bergantian.Bagi masyakat perkotaan yang memiliki lahan terbatas, kelengkeng pingpong bisa ditanam pada lahan sempit bahkan pada media pot.Dengan beberapa kelebihan tersebut membuat kelengkeng pingpong menjadi potensi agrobisnis yang cukup mengiurkan.
Sebenarnya ada empat jenis kelengkeng yang cocok ditanam di dataran rendah yaitu Kelengkeng Pingpong, Kelengkeng Diamond River, Kelengkeng Kristalin dan Kelengkeng Itoh.Kelengkeng Diamond river merupakan kelengkeng yang berasal dari Cina sedangkan Kelengkeng Kristalin dan Itoh dari Thailand. Dari sisi ukuran Kelengkeng memiliki ukuran buah yang paling besar dan usia berbuah yang paling pendek.
Saat ini telah banyak orang yang melakukan budi daya kelengkeng pingpong, ada yang melakukan budi daya kelengkeng pingpong hanya sebagai kegemaran dan koleksi saja, tetapi ada yang memang serius menekuninya sebagai lahan bisnis. Salah satu yang menekuni budi daya kelengkeng pingpong sebagai usaha bisnis adalah Bpk Suraya, S.Pd, yang beralamat di Rt 02 Rw 01 , Desa Paitan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo Jawa Tengah Hp. 081 2271 46664. Bibit-bibit kelengkeng Pingpong aneka ukuran disemaikan dan dibudidayakan.
Bibit ini diperoleh dari pohon indukan yang ditanam di Magelang yang asalnya dari Vietnam. Kini Pak Suraya, S.Pd sudah menjual bibit kelengkeng ke berbagai pelosok tanah air. Pembeli selain datang langsung dan membeli di tempat ada juga yang minta di antar sampai tujuan. Sampai sekarang Pak Suraya, S.Pd selalu kebanjiran order bibit kelengkeng. Harga bibit kelengkeng pingpong cukup bervariasi tergantung pada ukurannya, Keunggulan bibit dari okulasi adalah lebih cepat berbuah dibandingkan bibit dari biji, sehingga lebih banyak digemari pembeli.

Selamat menanam emas hijau, Semoga bermanfaat
Posting Komentar