15 jenis tanaman sayuran bergizi tinggi terbaik di akui didunia


Hampir  semua orang sudah mengetahui bahwa sayur merupakan kebutuahan pokok bagi tubuh kita sebagai sumber nutrisi yang baik dan aman.Meski begitu masih ada juga orang yang sudah memahami keunggukan masing masing sayuran tersebut.Oleh sebab itu saat ini kami akan memberikan ulasan 15 jenis tanaman sayuran bergizi tinggi terbaik di akui didunia
sayur

Banyak jalan menuju roma,begitu juga banyak janlan menuju sehat. Disamping giat dalam  berolah raga untuk menjaga kebugaran, tubuh sehat berawal dari perasaan santai dan tentunya rilek baik fisik ataupun psikis, selain itu ada factor cara makan yang baik tanpa ada efek buruk dikemudian hari. Di antaranya dengan banyak mengkonsumsi berbagai jenis sayuran. Baik dengan cara dimakan mentah, dijus atau dibuat sup.

Bergabagai tanaman sayuran  sudah tersedia dialam ini,untuk kebutuhan makluk dibumi. tidak hanya berupa daun saja melainkan berupa polong, umbi, buah, juga batang. Masing - masing memiliki kandungan zat gizi dan khasiat yang berbeda. Sayuran tersebut ada yang bisa dimakan segar, diolah terlebih dulu, atau diracik dengan jenis sayuran lain maupun buah-buahan. Syaratnya, zat gizi yang dikandungnya tidak rusak yang akhirnya akan berubah fungsi.


Inilah jenis tanaman sayuran yang sangat popular dan sudah terbukti memiliki kasiat dan gizi yang sangat baik untuk kebutuhan tubuh kita agar tetap sehat dan fit.

1.Sayur Asparagus

Asparagus (Asparagus officinalis) satu keluarga dengan bawang putih, yaitu Liliaceae. Bagian yang dimanfaatkan adalah rebungnya. Kandungan zat aspergine yang terdapat pada rebungnya ternyata sangat berguna untuk memperbaiki pencernaan dan melancarkan air seni.
Asparagus yang dimasak atau jus dapat digunakan untuk membantu meningkatkan pengeluaran faeces, dan sangat baik membantu menghilangkan timbunan asam urat pada penderita ginjal - asparagus berperan sebagai stimulan. Namun bila dikonsumsi terlalu banyak iritasi ginjal akan terjadi. Fungsi lain dalam tubuh adalah digunakan sebagai pencuci muka.

2. Bawang Putih

Jenis sayuran yang digunakan sebagai bumbu ini mempunyai nama ilmiah Allium sativum dari keluarga Liliaceae. Baunya yang tak sedap namun penambah rasa dalam masakan ini tergolong jenis sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebab bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah tinggi.
Pengaruh bawang putih terhadap terapi untuk kesehatan adalah bawang putih mengandung mineral yang tinggi seperti selenium dan germanium, glucosinolate, serta enzim. Kandungan yodiumnya yang tinggi, jika diracik dengan seledri dapat menurunkan tekanan darah tinggi, dan pencegah gondok. Sulfur yang terdapat pada umbi bawang putih mengandung substansi alicin (diallyl sulfide) - penyebab bau tak sedap - dan allyl propyl disulfide.
Kedua substansi sulfur berguna sebagai zat anti infeksi dan antibakteri. Untuk memperoleh khasiat disulfida yang utuh seperti pada umbinya, maka cara memakannya ialah bawang tersebut diiris tipis dicampur dengan masakan, namun bawang tetap dalam keadaan segar. Namun bila tahan terhadap baunya akan lebih baik dimakan mentah.

3. Sayur Brokoli

Brokoli (Brassica oleracea var, botrytis) dikenal sebagai sayuran sub-tropis yang termasuk anggota keluarga kubis-kubisan (Cruciferae). Yang dikonsumsi adalah bunga (curd) yang berwarna hijau gelap atau hijau kebiru-biruan, disebut, sprouting broccoli.
Ternyata keluarga Cruciferae ini mempunyai peran sangat penting dalam terapi untuk kesehatan. Brokoli bersama anggota lainnya seperti kubis, bunga kol, dan lobak dapat menurunkan risiko terkena kanker usus besar, dan kanker pencernaan.

Bunganya yang hijau pekat ini mempunyai bau yang khas, disebabkan adanya senyawa indol. Sebuah teori mengatakan, di dalam tubuh senyawa ini dapat meningkatkan ekskresi estrogen, senyawa yang dapat merangsang pembiakan sel kanker yang bersarang dalam rahim dan payudara.
Itulah sebabnya akhir-akhir ini sangat dianjurkan pada wanita agar lebih banyak mengkonsumsi brokoli, pasalnya penyakit ini cenderung lebih banyak menyerang kaum hawa. Sayuran yang biasa dihidangkan sebagai brokoli setup ini, sebaiknya dimasak tidak terlalu matang, karena zat-zat yang terkandung di dalamnya akan rusak dan tidak berfungsi lagi.

4. Sayur Paprika

Cabai yang berbentuk lonceng ini berasal dari daerah tropis Amerika, dikenal dengan nama paprika (Capsicum annuum var. grossum) masih satu keluarga dengan kentang Solanaceae. Genus Capsicum ini terkenal mengandung zat casaicine (C₁₈H₂₇O₃N) yang memberi rasa pedas, pada paprika dikenal dengan zat capsanthin (C₄₀H₅₈O₃) yang memberi rasa manis pada kulitnya yang tebal.

Karena mengandung Provitamin A yang didalam tubuh dikonversi menjadi Vitamin A, tubuh lebih tahan terhadap udara dingin dan infeksi hidung, infeksi tenggorokan, dan sinusitis. Dan ternyata paprika ini juga mengandung Vitamin C yang sebanding dengan kandungan Vitamin C pada jeruk.

Menurut Dra. Emma S. Wirakusumah, M.Sc dalam bukunya Buah dan Sayur Untuk Terapi, paprika beberapa saat setelah dimakan dapat menurunkan tingkat gula dalam darah. Penyebabnya adalah indeks glicemia pada paprika yang rendah. Dengan demikian, paprika dapat digunakan untuk mengobati diabetes. Bagi yang ingin menjaga kesehatan rambut, kuku, kulit dan gigi, paprika juga bisa dimanfaatkan, karena mengandung silikon yang tinggi.

5. Sayur Seledri

Seledri (Apium graveolens) termasuk famili Umbeliflorae. Seledri di dapur rumah tangga digunakan sebagai pelengkap berbagai masakan, sebab selain bentuk daunnya yang cantik juga baunya pemberi harum pada masakan -baik batang maupun daunnya.
Sayuran yang dikenal rendah kalori dan sarat serat kasar ini juga merupakan sumber Vitamin A, B, dan C, terutama pada batangnya. Kandungan mineralnya pun cukup banyak. Fungsi lainnya ialah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Seledri ini pun sering digunakan sebagai obat kesehatan rambut.

6. Sayur Tomat

Tomat (Lycopersicum esculentum) satu famili dengan kentang Solanaceae. Bila tanaman kentang yang diambil adalah umbinya, tanaman tomat ini lebih dikenal sebagai sayuran yang berupa buah. Sayuran yang sering dibuat jus ini bila dimakan mentah cukup menyegarkan dengan rasa masam-manis.
Di dalam buah tomat banyak terkandung zat-zat yang berguna bagi tubuh manusia. Zat-zat gizi yang terkandung di dalamnya dapat membantu pengobatan, kandungan besar asam sitrat akan bereaksi dalam aliran darah menjadi basa.

Bersama dengan sayuran hijau lainnya yaitu bayam serta bawang putih, tomat ini dapat dibuat jus yang berguna sebagai tonikum. Tomat yang dikenal mengandung karoten jenis lycopene ini bersama-sama wortel mempunyai fungsi sebagai pencegah kanker.

7. Sayur Wortel
Sayuran yang mempunyai nama latin Daucus carota ini terkenal sebagai sumber Vitamin A karena mengandung Provitamin A. Bagian yang dimakan itu sebenarnya adalah akar tunggang yang berubah bentuk dan fungsinya menjadi umbi. Anggota famili masuk dalam umbi
Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit. Beta-karoten yang merupakan senyawa Provitamin A mampu mencegah reaktivitas bensopiren penyebab kanker paru-paru. Karena kandungan beta-karoten, wortel merupakan salah satu bahan sup yang digunakan sebagai sup anti kanker dengan campuran bahan seperti lobak, jamur shi kering, dan gobo.belliferae ini sosok tanamannya berupa terna dan menyimpan cadangan makanannya di dalam umbi.

8. Sayur Bayam


Bayam  adalah suatu  tumbuhan  hijau yang umumnya di konsumsi daun nya Bayam termasuk makanan yang kaya nutrisi dan sangat baik sebagai sumber klorppil atau zat hijau, selain itu bayam juga mengandung Vitamin A, B kompleks
C, E, K dan karbohidrat, Beta karoten, Kalsium, Fosfor, dan serta yang tinggi.

9. Sayur Kubis kol 

 Merupakan jenis sayuran  /tumbuhan daun yang banyak diolah masyarakat  untuk berbagai jenis makanan atau sayuran , Kubis/kol yang segar banyak mengandung Vitamin A , B, C, E,. Kandungan vitamin C yang tinggi bisa menmcegah sariawan yang akut.

Kandungan mineral yang terdapat dalam kubis adalah ; Kalium, Fosfor, Kalsium, Natrium, dan zat besi. Kol/kubis yang segar juga mengandung banyak senyawa yang merangsang pembentukan glutation , Zat yang dibutuhkan tubuh untuk mematikan zat racun dalam tubuh. Di samping itu juga kol mempunyai zat aktif yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah indol-3 karbinol yang berperan mencegah dan mengobati penyakit kanker.

Kubis/kol juga ternyata mampu mengobati penyakit gatal akibat jamur candida, mengobati radang sendi, serta bisa melindungi tubuh dari radiasi, eperti computer, microwave, sinar X-ray, serta televise.

10. Sayur Sawi

sayuran sawi ini adalah  yang di konsumsi daunnya, sawi sering di gunakan dalam kebutuhan sayuran sehari-hari , Sawi ini termasuk sayuran yang rendah kalori, dan menga ndung serat yang baik untuk tubuh kita, selain itu juga terdapat kandungan Fosfor,Zat besi, Vitamin A,B1,B2, B3, dan C serta vitamin K.

11. Sayur Kentang

Merupakan umbi batang yang kaya akan karbohidrat, tanaman ini termasuk dalm suku umbi-umbian. Berdasarkan wrnanya kentang terbagi 3 bagian yaitu ; kentang putih, kentang kunung, dan kentang merah. Kentang juga mengandung kadar air yang tinggi sekitar 78%, kandungan potassium pada kentang dua kali lipat lebih banyak di bandingkan kandungan potassium dalam fiber dan pisang.
Kentang sangat bagus di konsumsi bagiorang yang mengalami kekurangan kadar gula dalam darah, kandungan lemaknya kurang dari 25% sehingga mampu menghambat endapan kolesterol didalam lapisan saluran darah.

12. Sayur Kacang Merah

Ini merupakan jenis makanan nabati  kelompok kacang polong,  kacang merah ini memiliki nutrisi yang tinggi . Kandungan yang terdapat pada kacang merah  adalah mengandung asam polat, karbohidrat kompleks, serat, kalsium, dan protein yang terbilang tinggi. Kandungan kadar seratnya sangat tinggisehingga bisa menurunkan  kadar kolesterol dalam darah.

13. Sayur Daun singkong

Singkong merupakan jenis tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat banyak orang memanfaatkanna sebagai menu pokok pengganti nasi. Kini, singkong sudah banyak diolah menjadi makanan yang bernilai ekonomis tinggi. Mulai dari diolah menjadi singkong keju, kripik singkong dan olahan lezat lainnya.

Selain lezat, singkong juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Seluruh pohonnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Akarnya bisa dimakan, batangnya dapat dibuat bibit singkong dan daunnya yang mampu mengobati berbagai penyakit.
Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Karena belum banyak masyarakat yang mengetahui tentang manfaat daun singkong bagi kesehatan, disini saya akan berbagi kepada anda semua mengenai manfaat daun sinkong untuk kesehatan.

Manfaat daun singkong yang pertama adalah sebagai obat untuk mengatasi penyakit stroke. Stroke merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sering membunuh para korbannya. Dan menurut penelitian para ilmuan, daun singkong merupakan salah satu obat yang mampu menyembuhkan penyakit stroke. Hal tersebut dikarenakan daun singkong merupakan jenis dedaunan yang banyak mengandung isoflavon. Kandungan inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi penyakit stroke.

Kasiat daun singkong yang kedua adalah sebagai peningkat daya tahan tubuh. Olahan daun singkong dapat membuat anda menjadi terhindar dari berbagai penyakit ringan. Hal tersebut dikarenakan dalam daun singkong terkandung vitamin C yang jumlahnya cukup banyak sehingga dapat membuat daya tubuh meningkat. Hal tersebut tentunya harus diiringi dengan usaha menjaga kebersihan diri dan juga lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan.

14. Sayur Daun papaya

Pepaya adalah buah yang sudah lumrah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buahnya yang merah dan manis adalah daya tariknya. Beda dengan daun pepaya yang pahit namun ternyata dengan manfaat yang beragam. Tentu kita tidak akan lupa betapa pahit daun pepaya yang kita konsumsi. Inilah yang menyebabkan kebanyakan orang lebih suka mengonsumsi buahnya saja. Padahal, buah yang bernama latin Carica Pepaya ini memiliki banyak manfaat.

Manfaat ini bisa ada karena banyaknya kandungan senyawa yang dimiliki pepaya. Beberapa senyawa itu adalah: vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, kalsium, lemak, fosfor, hidrat arang, protein, dan air. Beragam senyawa ini menyebabkan pepaya bisa menyembuhkan banyak penyakit dan juga memiliki manfaat yang tidak tanggung-tanggung. Mari kita simak beberapa manfaat daun pepaya ini.
Daun pepaya merupakan daun-daunan yang sering dijadikan sayur, tumisan, dan juga lalapan. 

Rasa pahit tidak menghalangi kebanyakan orang mengonsumsinya. Cara pengolahannya adalah dengan merebus daun pepaya dengan garam. Lalu, setelahnya dicuci bersih lalu direbus lagi untuk dimasak. Atau dapat juga dengan cara mencampurkan daun pepaya dengan daun jambu biji untuk menghilangkan rasa pahit sebelum dimasak. Hanya untuk masakan daun pepaya itu sendiri? Tentu saja tidak. Daun pepaya juga mampu menjadikan masakan jenis daging lebih empuk lho. Caranya adalah dengan mengiris daun pepaya dan dicampurkan dengan daging yang hendak dilembutkan dengan jumlah yang sedang agar tidak mengubah rasa daging menjadi pahit. Lalu, masak keduanya bersamaan. Niscaya daging akan lembut dan siap diolah menjadi apapun. Baca juga Manfaat Daun Sirih

Manfaat daun pepaya untuk kecantikan sudah dapat dilihat dari banyaknya jenis kosmetik dan perawatan kulit yang menggunakan pepaya dan lebih khusus lagi daun pepaya untuk bahan dasarnya. Penggunaan daun pepaya dengan mudah adalah dengan menggunakan air rebusan atau melumatkannya. Berikut beberapa di antara manfaat daun pepaya untuk kecantikan:

Membersihkan kulit

Kulit yang bersih, segar, dan cerah tentu idaman setiap orang khususnya kaum Hawa. Penggunaannya ini dikarenakan daun pepaya memiliki senyawa karpain. Senyawa ini ampuh membunuh mikroorganisme yang tidak diinginkan di kulit. Alhasil, kulit yang kotor akibat noda, jerawat, dan bintik-bintik akan bersih seketika.

Mengurangi ketombe

Ketombe yang turun laksana salju local di baju membuat kita tidak percaya diri. Tentu saja ini mengesalkan sekali. Penggunaan daun pepaya dapat digunakan. Ini karena lagi-lagi senyawa karpain yang sanggup menghancurkan kotoran dan minyak yang menumpuk di kulit kepala sehingga ketombe pergi dan tidak kembali lagi.

Menjadi kondisioner

Daun pepaya dapat menjadi kondisioner yang bagus untuk rambut. Ini menyebabkan rambut menjadi lebih lembut. Apalagi jika ditambah banyak campuran lainnya.


Melembutkan wajah
Wajah yang kering dan kasar bisa dilembutkan dengan sentuhan daun pepaya.

Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Beralih ke hal yang lebih serius adalah manfaat daun pepaya untuk kesehatan kita. Daun pepaya memiliki beragam kegunaan alias manfaat untuk proses penyembuhan atau pencegahan bergaam penyakit. Beberapa di antara yang dapat disebutkan adalah: penyakit demam berdarah, sakit perut bagi balita, kanker, pencernaan, nyeri haid, malaria, pencegah katarak, pembesaran prostat, emfisema, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat daun pepaya untuk penyakit demam berdarah

Penyakit demam berdarah terbilang sangat mengerikan dengan kemampuan membunuh yang ajaib. Ternyata, ini dapat ditangkis dengan keperkasaan si daun pepaya. Daun pepaya yang dikonsumsi dengan bentuk air rebusan dapat meingkatkan trombosit pada penderita demam berdarah. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan air 3 gelas dengan daun pepaya sebanyak 3 lembar. Lalu, rebus daun pepaya hingga air rebusan tersisa hanya 1 gelas saja. Sisanya, tinggal minum saja air rebusan secara berkala.

Manfaat daun pepaya untuk emsifema

Penyakit emsifema berhubungan dengan paru-paru yang sangat urgent untuk keberlangsungan hidup manusia. Daun pepaya dapat membantu masalah emsifema ini dengan adanya kandungan vitamin D yang mampu menghancurkan biang dari penyakit satu ini.


Khasiat daun pepaya untuk kanker

Kanker adalah penyakit yang ditakuti orang-orang (masyarakat) dunia hari ini termasuk di Indonesia. Ternyata, kanker dapat dibantu penyembuhannya dengan daun pepaya. Air rebusan daun pepaya mampu membantu penyembuhan kanker. Hal ini dikarenakan daun pepaya memiliki senyawa anti kanker yang kuat. Lakukan peminuman air rebusan dengan teratur, niscaya penyakit kanker akan tergerus.


 Manfaat daun pepaya untuk nyeri haid

Haid merupakan bagian menyiksa menjadi seorang perempuan. Sebagian perempuan memiliki siklus haid yang bahkan sanggup menjadikan mereka tersakit-sakit di tempat tidur. Salah satu cara ampuh mengurangi nyeri haid yang menyiksa ini adalah dengan menggunakan air daun pepaya. Gunakan 1 lembar daun pepaya yang kemudian direbus dengan segelas air yang dicampur pula di dalamya asam jawa dan garam. Selanjutnya, minum selagi hangat, maka rasa nyeri haid nantinya akan berkurang.

Khasiat daun pepaya untuk sakit perut balita

Balita sangat rentan dengan penyakit apalagi di masa balita adalah masa keemasan seorang anak. Tentunya kita tidak ingin anak-anak kita yang berusia balita mengalami sakit perut, bukan? Jika iya dan itu sedang terjadi pada balita kita, kita tidak perlu panik. Ambil segera daun pepaya sebanyak 2 lembar, 3 daun dadap serep, dan kapur sirih. Tumbuk hingga halus ketiganya. Lalu, oleskan hasil tumbukan pada perut balita.

15. Sayur Daun labu siam

Labu Siam bukanlah sayuran asing bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Labu siam dikenal dengan beberapa sebutan, seperti labu jipang (Jawa Tengah), manisah (Jawa Timur), serta waluh siam (Jawa Barat). Di dunia internasional, sayuran ini disebut chayote.

Dalam kehidupan sehari-hari, labu siam dikenal sebagai sayuran buah yang menyehatkan. Buahnya bisa dimasak sebagai lalapan, sayur lodeh, oseng-oseng, atau sayur asam. Pucuk batang dan daun mudanya biasa dibuat lalap atau sayuran lainnya. Labu Siam ternyata memiliki manfaat yang tidak kita duga. Sayuran yang murah harganya ini merupakan makanan sehat buat jantung, mampu menangkal kanker, dan sangat baik bagi wanita hamil.

Komposisi gizi labu siam dapat dilihat pada tabel. Buah labu siam memiliki kadar serat yang cukup baik, yaitu 1,7 g per 100 g. Konsumsi serat dalam jumlah yang cukup sangat baik untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus.Serat pangan dapat mengurangi risiko penyakit kanker yang disebabkan sistem pencernaan yang tidak sempurna.

Komposisi Gizi per 100 gram Labu Siam
 Komposisi gizi        Kadar
Energi (kkal)           17
Protein (g)               0,82
Lemak (g)                0,13
Karbohidrat (g)      3,9
Serat (g)                   1,7
Gula (g)                    1,85
Kalsium (mg)          17
Besi (mg)                 0,34
Magnesium (mg)    12
Fosfor (mg)              18
Kalium (mg)             125
Natrium (mg)            2
Seng (mg)                 0,74
Tembaga (mg)          0,12
Mangan (mg)            0,19
Selenium (mg)          0,2
Vitamin C                   7,7
Tiamin (mg)               0,03
Riboflavin (mg)        0,03
Niacin (mg)               0,47
Vitamin B6 (mg)      0,08
Folat (mkg)               93
Vitamin E (mkg)       0,12
Vitamin K (mkg)       4,6

Berikut adalah beberapa manfaat dari Labu siam :

Cegah kanker:
buah labu siam memiliki kadar serat yang cukup baik, yaitu 1,7 g per 100 g. Konsumsi serat dalam jumlah yang cukup sangat baik untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus. Serat pangan dapat mengurangi risiko penyakit kanker yang disebabkan sistem pencernaan yang tidak sempurna..

Serat pangan mampu mengurangi waktu tinggal (transit time) makanan sejak dari rongga mulut hingga sisa makanan dikeluarkan dalam bentuk feses. Selama tinggal di saluran pencernaan, serat pangan akan mengikat zat-zat karsinogenik (penyebab kanker). Berkat singkatnya transit time sisa makanan di saluran pencernaan, waktu zat karsinogenik bermukim dalam tubuh juga makin pendek, sehingga peluang terjadinya kanker menjadi sangat kecil.

Sering mengkonumsi labu siam, berarti menjauhkan kanker usus dari kehidupan kita.
Makanan baik wanita hamil: asam folat sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Konsumsi asam folat yang rendah pada ibu hamil berhubungan erat dengan berat bayi lahir rendah dan kejadian neural tube defects (gangguan otak). Kandungan asam folat pada buah labu siam juga cukup baik, yaitu 93 mkg per 100 g. Konsumsi 100 gram labu siam setiap hari cukup untuk memenuhi 23,25 persen kebutuhan tubuh akan asam folat.

Cegah hipertensi: 
buah labu siam juga kaya akan Kalium. Kalium berguna bagi tubuh untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan, sehingga tubuh menjadi lebih segar. Selain bersifat diuretik (peluruh air seni), kandungan alkoloidnya bisa membuka pembuluh darah yang tersumbat. Oleh sebab itulah, labu siam bisa menurunkan darah tinggi.

Untuk menurunkan Tekanan darah tinggi caranya : satu buah labu siam segar diparut lalu diperas, dan air perasannya diminum setiap pagi dan sore. InsyaAllah dalam waktu yang tidak begitu lama tekanan darah akan kembali normal.

Turunkan kolesterol: 
buah labu siam juga mengandung komponen vitamin yang cukup tinggi. Niasin merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang disebut sebagai vitamin B3, berfungsi untuk menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di dalam hati, sehingga produksi kolesterol LDL (low density lipoprotein) dan trigliserida dapat menurun. Mengkonsumsi rutin berbagai olahan labu siam sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

Niasin berperan pada reaksi enzimatik di dalam tubuh untuk metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein, yaitu sebagai koenzim I dan koenzim II. Niasin sangat diperlukan agar suplai energi dalam jaringan tubuh berjalan normal. Kekurangan niasin yang parah setelah beberapa bulan akan mengakibatkan pellagra serta dermatitis, yaitu gangguan kulit yang khas dan simetris, terutama di bagian badan yang tidak tertutup seperti tangan, lengan, siku, kaki, kulit, dan leher.

Atasi asam urat:
 Labu siam juga sangat baik bagi penderita asam urat. Efek diuretik dari labu siam akan melancarkan pembuangan air kecil, sehingga kelebihan asam urat dapat segera dikeluarkan dari dalam tubuh.
Diabetes mellitus: labu siam juga baik bagi penderita diabetes. Hal itu disebabkan pada labu siam terdapat kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga penderita diabetes tidak perlu mengonsumsi makanan pokok secara berlebihan. Konsumsi rutin labu siam yang telah dikukus, karena kandungan patinya mengenyangkan.

Gusi Berdarah:
Parut labu siam secukupnya, beri dua sendok air matang dan satu sendok madu, minum 3 kali sehari.
Sariawan : untuk menyembuhkan sariawan, makan sebagai lauk setelah dikukus atau direbus. Namun, labu siam tidak cocok diberikan kepada penderita rematik karena sifat dinginnya dapat memicu munculnya gejala sakit.

Tumit Hitam:
getah labu siam, dioleskan di tempat tersebut, biarkan hingga kering setelah itu dicuci tumit hingga bersih. (dari berbagai sumber)


Inilah 15 jenistanaman sayuran bergizi tinggi terbaik di akui didunia semoga bisa membantu kita dalam memperbaiki pola makan atau pola hidup sehari-hari. Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.
Posting Komentar