Rahasia cara menanam sayuran organik dengan modal kecil

Apakah anda berkeinginan budidaya sayuran organik, namun anda tidak memiliki keahlian dalam melakukannya? Atau anda sudah memiliki caranya namun tidak memiliki modal? Ya disini anda akan membaca artikel menanam sayuran dengan modal kecil bahkan dengan tanpa modal sama sekali? Jika iya, ada sudah tepat berada disini.Kami akan memberikan tip-tip bagaimana cara menanam sayuran organik dengan modal kecil.

Apa itu sayuran organik?

sayuran organik adalah merupakan cara budidaya yang dilakukan dalam menanam sayuran dengan cara-cara alami dengan tehnik penyediaan media,pemupukan dengan metode non kimiawi.Artinya dalam tehnik ini kita semua mengunakan sistem organik.Sistem sayuran organik merupakan sebuah sitem budidaya yang bertujuan mendapatkan hasil panen dengan kadar kimia paling rendah atau bahkan tanpa unsur kimia sama sekali.

Untuk mewujudkan budidaya organik kita bisa memanfaatkan unsur-unsur yang ada di lingkungan dimana kita melakukan budidaya.Jika ketersedian undur organi alami pada lokasi sudah sangat terbata maka kita harus membuat unsur-unsur tersebut dengan cara peningkatan unsur melalui sitem yaang bersahabat dengan alam.

Denagan upaya ini nantinya kita kan mendapatkan unsur-unsur yang dibutuhkan  dalam metode cara menanam sayuran organik.Beberapa hal yang harus kita lakukan untuk melakaksanaan program cara menanam sayuran organik antara lain :


a.Penyiapan lahan sayuran organik

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyiapan lahan untuk budidaya sayuran organik. 1. Konservasi tanah dan air:
 (a) menerapkan terasering (teras bangku, teras gulud,dll.),
(b) menanam rumput penguat teras dan penguat bedeng,
(c) meletakkan bedengan searah kontur,
 (d) pengolahan tanah minimum.

2. Pengelolaan tanaman:
(a) menerapkan teknik rotasi tanaman dengan tanaman legum,
(b) sistem tumpangsari minimal dua jenis tanaman (kombinasi sayuran berbiji/berbuah/berbunga/berumbi dengan sayuran berdaun),
(c) kombinasi tanaman berakar dalam dan dangkal untuk memompa hara dari dalam tanah.

3. Kesehatan tanaman dilakukan melalui:
 (a) pencegahan hama penyakit dengan
menanam tanaman yang mempunyai bau khas pengusir hama seperti kenikir,
kemangi, kacang babi, tephrosia, lavender, dan nimba diantara atau diluar
bedengan,
 (b) pestisida nabati yang aman dan ramah lingkungan dibuat dari
tanaman obat dan rempah disekitar seperti tanaman rimpang-rimpangan,
babandotan, lada, sirih.
(c) menanam tanaman perangkap hama disekeliling kebun





4. Pengelolaan hara:
(a) pemanfaatan residu sisa tanaman,
(b) tanaman legum penutup tanah (cover crop ) atau tanaman pagar (hedgerow). Tanaman legum
menyediakan hara N bagi tanaman, melalui pengikatan N2 bebas di udara oleh Pengaruh pengolahan tanah/pelumpuran terhadap sifat fisik tanah sawah bakteri rhizobium yang berada dalam nodul akar tanaman,
(c) kompos kotoran hewan, pupuk hijau, limbah organik kebun, serta bahan mineral alami (abu
dapur, abu bakaran, dolomit, fosfat alam).Kompos kotoran ayam atau kambing yang diperkaya dengan fosfat alam, dolomit,arang sekam, hijauan Tithonia diversifolia /kirinyu dosis 10t/ha dapat meningkatkan kualitas sifat kimia tanah, keragaman dan aktivitas biologi tanah serta memberikan hasil yang sama dibandingkan dosis petani menggunakan kompos ayam 25t/ha.

b.Penyiapan Bibit sayur organik

Pada petani  yang sekarang  ingin belajar bagaimna cara penyemaian untuk mendapatkan bibit sayuran kuwalitas  baik, dibawah ini kami berikan cara cara penyemaian nya , sedangkan untuk tahapannya perhatikan di bawah tulisan ini 

PEMILIHAN BENIH
 Benih menjadi faktor utama dalam bercocok tanam , semakin bagus benih yang didapat semakin besar pula kesempatan untuk mendapatan sayuran dengan kualitas terbaik.

MEDIA TANAM
Untuk media tanam nya sendiri bisa menggunakan media tanah yang subur dan dicampur dengan pupuk kandang + dengan sekam padi dengan perbandingan 2 : 1 : 1 .

WADAH PERSEMAIAN
Khusus untuk menyemaikan benih , anda bisa menggunakan pot plastik atau bisa juga dengan menggunakan tray pot . ini semua disesuaikan dengan seberapa banyaknya benih yang ingin anda tanam

TEMPAT PERSEMAYAM
Ada baiknya untuk anda memilih tempat persemaian dengan kriteria tidak langsung terkena matahari ataupun hujan , yang mana ini bisa diatasi dengan memberikan nya naungan plastik diatasnya .
Langkah proses penyemaian benih sayuran

Anda harus menyiapkan  rendaman air hangat kuku , lalu rendam bibit sayuran anda dan tunggu selama 3 jam lamanya .untuk jenis benih yang tidak mudah berkecambah seperti cabai terong tomat dll , Ingat ada untuk jenis benih yang berkecambahnya  tidak perlukan merendam lagi bibit tersebut . 

Setelah bahan direndam 3jam , sekarang anda tiriskan benih tersebut
Isi trypot dengan media tanam sebanyak 2/3 dari tinggi lubang.

Selanjutnya taruh biji biji sayurna kedalam lubang yang sudah dsisapkan tadi masing masing berjumlah 2/3 biji kedalam masing masin lubang .

Setelah bibit dimasukan kedalam lubang , sekarang anda lakukan penyiraman atau penyemprotan secara hati hari agar bibit yang ada tidak terganggu
Jika telah melaui  proses diatas selesai , ada baiknya anda meletakan nya di bawah tempat yang teduh , ingat perhatikan setiap pagi , jika bahan tadi mengering segera anda semprotkan kembali air ke tempat penyemaian tadi

Pada umumnya , benih akan tumbuh setelah seminggu atau 7 hari lebih Jika dalma prtoses penyemaian sudah terlihat tinggi nya 10 cm dan muncul daun 2 / 3 lembar sekarang tanaman tersebut sudah siap ditanam Prose penyemaian sudah selesai , dan sekarang selamat berocok tanam dam sukses selalu .

Sangat mudah bukan cara penyemaian bibit sayuran yang baik dan benar , sekarng tunggu apalagi bagi anda yang baru merintis usaha dibidang pertanian , tidak ada salahnya untuk anda mencoba mengalplikasikan nya di ladang pertanian anda , selamat mencoba dan sukses selalu .

c. teknik menanam sayuran

Ada beberapa cara dalam penanaman budidaya sayuran organik yang bisa anda terapkan antara lain:
1.Pada lahan kebuh yang luas
2.Budidaya sayuran dalam pot
3.Menanam sayur organik pada polibag
4.Teknik tanaman sayuran organik hidroponik
Untuk saat ini sampai disini dulu ya, soalnya udah ngantuk nick.Dari pada nanti salah-salah tulis lebih baik istirahat dulu, besok kita lanjut lagi ya.ok ok bagi yang udah kebelet bisa langsung komen untuk mengingatkan saya ya...

Posting Komentar